Curahan Hati Seorang Supir Angkot

Pada sering kesel ngga sih pas naik angkot terus ngetem terus dipaksa duduk 6-4 dan desek-desekan banget ngga jelas? Sering banget apalagi naik angkot di saat matahari lagi panas-panasnya. Pengennya ngedumel sama bapa supirnya asli!
Tapi tadi kebetulan aku naik angkot dengan keadaan semacam itu. Jadi tuh panas banas banget, desek-desekan karena disuruh duduk 6-4, dan ngetem. Akhirnya setelah sekian menit, angkot yang penuh itu jalan. Sebenarnya sih jalan karena diomelin sama seorang ibu. Terus setelah jalan, berangsur-angsur penumpang pada turun di tujuannya masing-masing. Sekarang giliran seorang ibu dan anaknya yang turun. Aku ngeliat dia bayar dengan uang dua ribu, padahal tarif angkot paling murah sekarang berapa sih (ini di Depok btw)? 3000-4000 lah. Nah, habis itu ternyata nggak cuma ngebayar di bawah tarif, si Ibu ngebayar dengan cara ngelempar uang itu.
Angkot melanjutkan perjalanannya lagi. Si Bapa Supir tiba-tiba nyeletuk gini "Sebenernya saya nggak papa mau dibayar kurang dari tarif, bahkan bilang aja kalo nggak ada uang. Tapi tolong setidaknya hargain saya. Masa uang buat bayar malah dilempar-lempar begitu. Saya tadi ngetem hampir dua jam, saya juga maunya nggak ngetem tapi ngetem selama itu aja, paling sekali jalan cuma dapet 35000-40000, itupun kalo penuh."
Penumpang yang masih di dalam angkot cuma pada diem. Nggak tau harus gimana. Aku juga diem lalu mikir. Aku emang suka kesel sama Bapa Supir yang suka nyumpel-nyumpelin penumpang dan ngetem ampe bikin kita lumutan, tapi denger pengakuan Bapa itu, aku sadar bahwa itu juga bukan dia yang mau tapi emang tuntutan setoran atau demi anak-istri. Jadi, temen-temen, setidaknya walaupun kita masih ngeluh, ya setidaknya kita hargai Bapa Supir lah. Ngebayar ongkos angkotnya jangan dilempar, jangan maki-maki dia atau apalah yang bisa nyakitin perasaannya. Mendingan diem aja, bayar dengan sopan, terus udah deh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Part 2 - Healing Time

Produktif

Review Makanan - Special Malang