Review Makanan - Special Malang

Halo readers.
Hari ini aku bakalan kasih review makanan lagi! Hurraaayyyy. Yang lagi mau berencana ke Malang, sok ikutin terus post ini karena aku bakal kasih banyak banget makanan yang perlu kalian coba. Oiya, beberapa foto emang aku ambil sendiri tapi ada beberapa foto lain yang aku ambil dari sumber lain yang bakal aku cantumin juga di sini. So, check this one out.

1. Sego Bug Bik Siti
Legendary food (not) from Malang. Hehe. Iya bener loh, aslinya makanan ini bukan berasal dari Malang, tapi dari Madura. Makanan ini enak bangeeeet. Jadi tuh komposisinya adalah nasi dicampur jagung terus dikasih lauk sesukamu. Lauknya bisa daging-dagingan, sayur nangka, sayur tahu, sambal, dan gorengan kacang. Sekali lagi, ini enak banget. Wajib dicoba kalo ke Malang. Di beberapa review makanan yang patut dicoba di Malang adalah sego bug tapi punyanya bik Matirah. Sayangnya aku nggak nemuin dan akhirnya nemu ini di deket stasiun Malang. Tepatnya kalo kamu keluar dari stasiun, ambil ke kiri aja (aku jalan kaki kok), terus nggak jauh dari situ ada ruko-ruko gitu. Cari aja ada tulisannya Sego Bug Bik Siti terpampang nyata. Tenang, harganya nggak mahal sama sekali yaitu Rp 12.000 aja dan kalo udah kelaperan di pagi hari ya pas banget karena pukul 6 pagi udah buka aja tuh.

2.  Toko Es Krim Oen
Mau es krim yang beda? Nah, di sini tempatnya. Dengan nuansa yang masih Belanda banget, ditambah sang pramusaji juga pake seragam yang pas, jadi kerasa jadoel abis. Buka pukul 8 pagi, aku dateng jadi pengunjung pertama. Ya karena masih baru buka, menu-menu es krimnya belum semuanya tersedia. So, aku dan maspacar pesen tutti frutti (harga Rp 33.000) dan banana split (harga Rp 50.000). Mau tau rasanya gimana? Meleleh asli dan aduh lembut banget aduhai. Jangan liat harganya yang mungkin terlihat overpriced buat satu scoop es krim. Kalian kudu coba dulu baru boleh komen apakah itu overpriced atau nggak, karena sama sekali nggak. Dua menu yang kami coba enak, tapi aku lebih prefer banana split karena perpaduan pisang dan es krimnya hacep banget.
banana split (atas) dan tutti frutti (bawah)

3.   Bakso President
Bukan, ini bukan warung baksonya pak Presiden. Ini adalah warung bakso yang terletak di Jalan Batanghari, Malang (terus apa hubungannya sama Presiden ya? I don’t know J). Letak warungnya emang agak di dalem dan deket rel kereta api banget. Rel keretanya bukan rel kereta bekas yang udah nggak kepake, masih kepake kok dan pas kami selesai makan ada kereta lewat. Oiya, bakso ini bentukannya kayak bakso Cak M*n. Jadi kita pilih sendiri isiannya mau apaan aja, tapi ada juga yang udah kek porsi-porsian gitu. Untuk harga per bakso atau gorengan-gorengannya mulai dari Rp 2000. Kalo masalah rasa, jangan diragukan lagi. Kuahnya enak, kalo kata si maspacar sih bikin selera makan bertambah (padahal selera makan dia emang udah gede).  Bakso uratnya empuk dan wajib dicoba apalagi buat bakso urat lovers macam aku.
bakso bakarnya ciamik

4.  Ceker Setan
Malem-malem mau yang huhah huhah? Ini dia tempatnya. Bertempat di jalan Jakarta, tepatnya di depan Alfamart, kamu bisa dapetin daging ayam kayak ceker, paha, sayap, dan lain-lain yang berbumbu pedas. Aku pilih ceker karena emang yang terkenal tuh cekernya. Ceker dan kuahnya enak banget dan yaa pedes gila. Pedesnya bukan pedes yang sampe bikin sakit perut atau gimana kok (kalo di aku sih nggak gitu ya, soalnya emang suka pedes dan udah makan nasi sebelumnya). Salah satu makanan yang aku kangenin dari Malang ya ini, karena emang ngangenin dan pedesnya bikin tambah greget. Nah, kalo harga mah Rp 9000 per porsi ceker (isi sekitar 10).
 
5.  Pos Ketan Legenda 1967
Ketan yang terkenal banget dan emang kayak direkomandisiin di semua blog atau artikel yang ngomongin Malang dan Batu. Yap, tempat satu ini emang nggak di Malang, tapi adanya di Batu tepatnya deket alun-alun Batu. Sebenernya kurang yakin yang aku coba tuh pos ketan legenda 1967 beneran atau bukan, tapi sama-sama enak kok. Aku pesen ketan keju meses dan maspacar pesen ketan special. Rate harganya berkisar Rp 4000-Rp 7000, nggak bikin kantong bolong kan? Cukup ngenyangin menurutku, karena ya namanya juga ketan. Kalo soal ketannya, enak kok, empuk gitu, dan sama sekali nggak aneh karena perpaduan ketan sama toppingnya bener-bener nyatu.
ketan topping keju, kacang, dan meses

6.  Depot Sate Kelinci Batu
Capek main di Batu, terus laper ya akhirnya kami melancong ke salah satu warung sate kelinci di Batu. Tempatnya yang persis di pinggir jalan gede yang ngehubungin Malang sama Batu bikin tempat ini gampang banget di temuin. Ada dua tempat yang disediain di sini yaitu tempat duduk biasa dan lesehan. Kalo mau yang cozy gimana gitu, pilih lesehan aja deh. Di sini kami pesen tentunya sate kelinci tapi bukan sate kelinci biasa. Kenapa? Karena sate kelincinya dihidangin dengan ditaruh di hot plate gitu. Sate yang satu porsinya isi sepuluh dengan harga Rp 37.000 itu gede-gede banget dagingnya. Bumbu kacangnya juga enak, sayangnya sambalnya harus pesen lagi karena nggak sepaket sama si sate.
mafavoritefood

7.  Omah Kitir CafĂ© Factory
Masih di Batu. Katanya sih ini tempat adalah the most romantic place in town. Yaaa, setelah kami nyampe di Jalan Ridwan, Batu, kami emang ngeliat satu tempat yang bisa dibilang emang pas buat makan berduaan sama pasangan. Tempatnya enakeun gitu dan ada lantai duanya yang beratapkan langit dan bintang-bintang. Resto satu ini menyediakan makanan western dan beberapa menu kayak nasi goreng atau mie ayam. Satu hal yang bikin agak kecewa adalah karena smoking room dan non smoking roomnya nggak dipisah. Jadi pas kami udah dapet tempat di lantai 2 itu, kami kudu ngehirup asap rokok dari meja sebelah. Rate harganya sama kayak resto-resto lain kali ya dan masih murah kalo dibandingin sama harga di resto Jakarta. Pokoknya dengan mesan steak dan pasta, kami bayar Rp 99.000 aja.
ini kenampakan si pasta

8.  Warung Wareg
Warung ini ada di Jalan Ir, Soekarno Hatta, Batu. Kalo kamu dari Malang, warung ini ada di kanan jalan. Menu yang disediakan di warung wareg adalah ayam-ayaman dengan berbagai variasi pemasakan, ada beberapa menu ikan juga, dan masih banyak lagi. Tempatnya enak, walaupun pas kami dateng adalah jam makan siang, tapi tempatnya nggak riweuh gitu padahal ya rame banget juga. Pemandangan deket warungnya juga bagus, jadi bisa banget buat makan dan nikmatin pemandangan sekaligus. Harganya aku agak lupa sih, tapi dengan pesen nasi, ayam penyet, ayam bakar, teh tarik, dan es teh, kami bayar sekitar Rp 55.000an.
teh tariknya recommended

9. Mochi Maco
Waktu itu kami mau nyari satu tempat nongkrong yang ada di daerah Suhat dan kami nemuin tempat ini. Waktu bukanya pukul 11 pagi. Kayak namanya, Mochi Maco ini jualan mochi dan tentunya ada berbagai menu lain kayak cilok, minum-minuman, dan jajanan lainnya. Pasti anak Malang yang kuliah di kampus-kampus deket Suhat juga taulah tempat ini, karena baru buka aja udah rame sama pengunjung. Hampir semua mochinya recommended sih tergantung suka isian apa. Es krim? Ada. Durian? Ada. Oreo? Ada. Greentea? Ada. Kalo minumannya, karena aku cuma nyobain satu menu yaitu coklat mellow ya aku cuma bisa ngerekomendasiin yang ini. Rate harga Rp 3490-Rp 16.990.
mochi berbagai rasa
coklat mellow

10.Lingling
Masih di dekat Suhat dan jualan dessert-dessertan. Meskipun Malang nggak panas (menurutku sih), pasti bakal tetep butuh yang seger seger kan? Nah ini tempat yang tepat sekali. Banyak menu es buah dengan pilihan rasa kuah yang bermacam-macam. Buahnya juga macem-macem yang ada di dalem es buahnya. Harganya aku lupa sih, tapi kisaran Rp 15.000an kok.
kuah matcha yummy

11. Mie Setan
Aku agak lupa ini di daerah mana, tapi kayanya masih di Suhat. Satu menu pedas lagi yang patut dicoba. Ada banyak warung mie yang pedes-pedes di Malang, tapi karena direkomandasiin sama temen di sini ya aku ke sini deh. Jujur, aku nggak terlalu suka karena rasa mienya cenderung hambar dan justru kayak cuma pedes doang. Tapi maspacar kayaknya suka suka aja kok dan ya tetep aja sih habis juga. Ada level-levelnya gitu dan setiap level kayanya harganya beda gitu deh. Kalo beneran kuat pedes bolelah pesen level di atas tiga, tapi kalo nggak kuat mending jangan. Level dua aja udah pedes banget nggak kuat. Harganya mulai dari Rp 9.000.
mie setan level 2

12.Lamongan Cak Rie
Terletak di Jalan WR Supratman depan RS Lavalette. Pelayanan cepat, makanan enak, orangnya ramah, harganya murah, udah pokoknya TOP banget deh. Warung ini adalah salah satu warung seafood yang harus dicoba kalo kalian ke Malang. Enak banget deh dan pastinya harganya bikin kita kaget karena murah. Pesen nasi, ikan dorang bakar, cumi goreng tepung, es teh, dan tempe penyet, kita nggak sampe ngeluarin uang lebih dari Rp 80.000. Padahal porsinya guede loh.
miss this food

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Part 2 - Healing Time

Produktif